Produk Kecantikan Cosmeceutical Apa Itu ?

Istilah skincare rasanya selalu berkembang dan penuh inovasi. Untuk Anda penggemar dan yang selalu butuh rekomendasi skincare perlu tahu istilah terbaru ini, cosmeceutical. Pernah dengar? Ini arti dan 5 fakta cosmeceutical yang perlu Anda ketahui.

 

 

1. Apa itu cosmeceutical? Cosmeceutical 

 

adalah istilah yang digunakan oleh produsen skincare di mana produknya merupakan persilangan antara produk cosmetic dan pharmaceutical. Ini berarti, produk cosmeceutical adalah

 

produk kosmetik (skincare atau makeup) yang mengandung bahan-bahan aktif yang punya manfaat untuk manusia. Misalnya saja, kandungan retinol di dalam krim malam atau Vitamin C di dalam serum. Ini bisa dikategorikan sebagai cosmeceutical.

 

2. Jadi, cosmeceutical termasuk kosmetik atau obat-obatan? 

 

FDA (badan pengawas obat di Amerika) yang sering dijadikan standar internasional, tidak punya kategori spesifik untuk produk cosmeceutical.

 

FDA hanya memiliki 3 kategori yaitu cosmetics, drugs, dan soaps. Sehingga produk yang diklaim sebagai cosmeceutical akan dikategorikan ke dalam cosmetics atau drug, tergantung kandungan dan klaim yang diberikan.

 

3. Apakah pemakain cosmeceutical harus di bawah pengawasan dokter? 

 

Tidak. Pada das
arnya produk cosmeceutical masuk ke dalam kategori kosmetik yang dijual bebas dan bisa digunakan tanpa pengawasan dokter.

 

4. Apa yang membedakan cosmeceutical dan skincare berbahan aktif pada umumnya?

 

Beberapa produk cosmeceutical dikembangkan oleh perusahaan

yang punya tim ahli R&D (research and development) yang terdiri dari para dokter/memiliki latar belakang yang berawal dari klinik kecantikan dan menghasilkan bahan aktif yang dipatenkan.

 

5. Apakah produk cosmeceutical bisa ditemukan di Indonesia? 

 

Tentu saja! Salah satu produk cosmeceutical asal Korea yang baru saja hadir di Indonesia adalah dr. Ceuracle. Nama dr. Ceuracle sendiri merupakan

 

perpaduan dari cosmeceutical dan miracle. Berawal di tahun 2000 sebagai klinik kecantikan dan perawatan kulit bernama Leegeehaam di Korea yang didirikan 3 orang dokter, yaitu dr. Lee, dr. Gee, dr. Haam.

Lebih baru Lebih lama