Berikut adalah beberapa tips untuk strategi pemasaran media sosial agar tetap pada jalur yang benar!
- Perencanaan: dengan menentukan rencana pemasaran melalui media sosial sangat lah penting. Untuk itu, ada baiknya untuk Anda melakukan survei kata kunci dan memikirkan ide terkait dengan konten yang dapat menarik target market Anda.
- Konten Penentu: Pastikan Anda menawarkan informasi menarik yang idealnya dibutuhkan oleh calon customer Anda. Agar konten Anda tidak terkesan membosankan, Anda dapat secara bergilir menjadwalkan antara konten text, gambar, video, ataupun info grafik.
- Konsisten Terhadap Brand Image: Menggunakan sosial media untuk pemasaran akan memproyeksikan citra merek Anda di berbagai platform media sosial. Sementara masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, namun identitas bisnis online terbaik yakni dengan tetap konsisten mempertahankan Brand Image
- Blog: Blog sendiri adalah alat pemasaran yang memungkinkan Anda berbagi tentang berbagai macam informasi dan konten dengan pembaca di media sosial dalam jumlah besar.
- Link: Ketika menggunakan media sosial untuk strategi pemasaran, terutama jika Anda mengandalkan pemasaran dengan cara berbagi konten asli dan unik untuk mendapatkan followers dan fans, maka jangan ragu untuk memberikan link dari konten luar. Jika link tersebut mempunyai sumber yang kuat dan meyakinkan, ditambah dengan topik konten yang menarik dan ingin diketahui oleh banyak orang, hal tersebut sah-sah saja.
- Mengukur Keberhasilan dengan Analytics: Anda tidak dapat menentukan keberhasilan dalam menjalankan strategi pemasaran menggunakan media sosial, tanpa adanya pengukuran yang jelas. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat yang dapat membantu Anda mengukur keberhasilan ketika Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran. Google Analytics akan menunjukkan tag pelacakan strategi pemasaran, sehingga dapat memantau keberhasilan pemasaran melalui media sosial.